Cara Perawatan Gear Set Motor Honda Tiger 2000

Advertisement

Honda Tiger adalah salah satu Legenda Motor Sport yang ada di Indonesia. Eksistensinya yang lebih dari 2 dekade, membuatnya jadi salah satu pelopor motor sport sukses yang ada di Tanah Air. Demikian pula dengan penggunanya, yang Hingga kini masih banyak yang setia dengan "Sang Macan", sebutan untuk Honda Tiger. Meskipun produksi motor ini telah dihentikan dan diganti dengan Honda CB150R yang notabene adalah upgrade dari Honda Tiger, namun motor ini masih banyak yang mencari,terutama para pecinta otomotif. Entah itu untuk dikoleksi atau untuk dimodifikasi atau karena mesinnya yang memang terkenal sangat kuat dan bandel. Namun, Honda Tiger ternyata bukan tanpa masalah.

Mahalnya spare part motor membuat sebagian pengguna sepeda motor kawakan ini merasa kewalahan ketika akan menggantinya, karena harga yang relatif mahal dapat menguras kantong. Oleh karena itu diperlukan sebuah perawatan yang betul - betul khusus supaya Gear Set motor bisa tetap awet dan tahan lama atau bisa jadi rantai terputus di jalan. Dan berikut ini kami berikan beberapa Tips Perawatan Gear Set Honda Tiger 2000.

Ada tiga hal yang harus diperhatikan, yaitu:

1. Periksa kondisi gir

Periksa kondisi gir atau rantai secara berkala, minimum dua minggu sekali. Bila rantai kendur, lakukanlah penyetelan dengan mengendurkan baut swing arm dan menyetel rantai dengan jarak aman.

2. Bersihkan rantai dengan minyak

Bersihkan rantai dengan minyak pembersih dan jangan menggunakan oli bekas. Gunakan oli pelumas baru atau lebih bagus menggunakan pelumas khusus rantai. karena oli bekas memiliki kotoran mesin dan kerak pada mesin dan jangan menggunakan gemuk, karena kotoran dapat lebih mudah menempel pada gear set.

3.Perhatikan kondisi penutup rantai

Perhatikan kondisi penutup rantai apakah kondisinya terpasang dengan baik. Apabila kondisi penutup rantai yang tidak terpasang dengan baik, di samping membahayakan dapat juga menyebabkan suara berisik gesekan antara rantai dan penutup.

http://vario-99.blogspot.com/2016/03/cara-perawatan-gear-set-motor-honda.html

Nah, demikianlah tips Cara Perawatan Gear Set Motor Honda Tiger 2000 yang benar. Semoga tips yang kami berikan ini dapat bermanfaat sebagai panduan untuk menjaga perfoma Hoda tiger kesayangan Anda. Wassallamualaikum ww.